Tolak Pengesahan RUU KUHP dan Perubahan UU KPK Ribuan Mahasiswa Turun ke Jalan

indonesiasatu, 26 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Siantar - Sudah cukup lama aksi mahasiswa dengan jumlah massa hingga ribuan orang tidak digelar di Kota Pematangsiantar. Namun tidak untuk hari ini, Kamis (26/09/2019), ribuan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Bergerak (AMB) turun kejalan, guna menolak Undang-undang (UU) tentang perubahan UU KPK yang baru dilahirkan DPR-RI dan pemerintah.

Pantauan salah satu media Online, Indonesiasatu.co, dari ribuan mahasiswa itu, kebanyakan mengenakan baju almamaternya. Diantaranya mengenakan almamater USI (Universitas Simalungun), AMIK Tunas Bangsa, STIKOM dan lainnya. Mereka tampak bersemangat guna menyuarakan sejumlah tuntutan.

Disaat sinar matahari sedang terik, ribuan mahasiswa dari berbagai universitas dan sekolah tinggi berkumpul di Jalan Merdeka, depan Kantor Walikota Pematangsiantar. Badan Jalan Merdeka yang ada disana, mereka “kuasai”. Arus lalulintas-pun teralihkan.

Dari Jalan Merdeka, ribuan massa Aliansi Mahasiswa Bergerak (AMB) berjalan kaki menuju Jalan Adam Malik, depan gedung DPRD Kota Pematangsiantar.

Salah satu pentolan mahasiswa USI dari Fakultas Hukum, Fajar Pratama mengatakan, lahirnya UU perubahan UU KPK merugikan rakyat. Karena ia menilai, UU itu melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tiba di Jalan Adam Malik, teriakan menolak pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) dikumandangkan. Diantaranya, menolak pengesahan RUU KUHP, Tenaga Kerja, Pertanahan dan lainnya. Karena RUU itu dianggap bermasalah. Serta menolak lahirnya UU tentang perubahan UU KPK.

“Kami menolak UU revisi UU KPK. Karena merugikan rakyat. Juga meminta penuntasan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), serta menolak pengesahan sejumlah RUU. Seperti menolak RUU KUHP, ketenagakerjaan dan lainnya,” ucap Fajar.

Rahmat Hidayat.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu